Oleh
: Luh Made Ayu Prabawati
(Mat-VA/12-1689)
Abstrak
Facebook menurut
wikipedia berbahasa indonesia adalah website jaringan sosial dimana para
pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan
daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Facebook
bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Cara memanfaatkan facebook
sebagai media pembelajaran juga tidak susah. Pengguna harus mempunyai e-mail
aktif dan masuk ke www.facebook.com dan mengikuti segala
petunjuknya. Beberapa cara pemanfaatan facebook dalam media pembelajaran adalah
sebagai forum diskusi, memberikan alamat URL/Web, memberika tugas/PR, dan
bertukar pendapat. Kelebihan facebook sebagai media sosial sangat potensial,
ekonomis, interaktif, reviewable, mengatasi jarak dan waktu, dan bisa berbagi
file, foto, dan video. Kekurangan penggunaan facebook dalam media pembelajaran adalah
pada fasilitas pendukungnya.
A.
Pendahuluan
Dewasa ini manusia sudah mulai pintar memanfaatkan sesuatu yang ada disekitar untuk keperluannya. Seperti tidak ada kata tidak mungkin, itulah yang bisa dikatakan dikarenakan inovasi – inovasi para ilmuwan kini sudah dimanfaatkan oleh orang banyak. Bahkan ada yang bisa meraup keuntungan dengan hasil para ilmuwan tersebut.
Dimulai dari penemu telepon (Alexander Graham Bell) yang mulanya dia berfikir bagaimana caranya berkomunikasi dengan sesama tetapi dengan tidak bertatapan muka atau jarak jauh. Dia berfikir keras untuk menemukan alat yang kini telah banyak digunakan oleh penduduk dunia. Hal tersebut tidak lain dipengaruhi oleh tingginya rasa ingin tahu seorang Bell.
Teknologi di abad 21 ini semakin hebat dibanding era sebelum – sebelumnya. Sejak munculnya internet di tahun 1969, dunia serasa selebar daun kelor. Apapun kini bisa dilihat, didengar, dan dirasasakan. Tidak peduli sejauh mana seberapa jauh jaraknya. Sesuatu yang nge-trend saat ini adalah jejaring sosial, yang dampak penggunaannya sudah terasa disemua kalangan diseluruh dunia.
Salah satu dari jejaring sosial yang terkenal saat adalah facebook. Facebook kini sudah banyak yang menggemari. Terkait dengan pemanfaatan facebook sampai saat ini masih ada oknum – oknum yang menggunakan facebook dengan cara yang dinilai kurang baik. Namun tidak semua hal itu bersifat negatif, masih banyak yang bijak memanfaatkan jejaring sosial ini. Bahkan ada yang menggunakan facebook ini sebagai mata pencaharian.
Kaitannya dengan dunia pendidikan, facebook juga bisa dimanfaatkan untuk membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Ini juga bisa dijadikan suatu metode baru dalam pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa dan mempermudah guru mengkomunikasikan materi ajarnya.
B.
Mengenal
Facebook
1.
Pengertian
Facebook
Pengertian facebook menurut wikipedia berbahasa indonesia adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya.
2.
Sejarah
Facebook
Facebook ini diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.
Pengguna dapat membuat profil dilengkapi foto, daftar ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan informasi pribadi lain. Pengguna dapat berkomunikasi dengan teman dan pengguna lain melalui pesan pribadi atau umum dan fitur obrolan. Mereka juga dapat membuat dan bergabung dengan grup ketertarikan dan “halaman kesukaan” (dulu disebut “halaman penggemar” hingga 19 April 2010), beberapa di antaranya diurus oleh banyak organisasi dengan maksud beriklan.
3.
Fungsi
Facebook
Menurut Hengky Alexander Mangkulo (2010: 49), sebelum menggunakan Facebook sebagai media yang akan digunakan menjadi sarana penunjang proses belajar mengajar, terlebih dahulu dibuat sebuah desain fungsi yang dapat diaplikasikan pada system pembelajaran online yaitu sebagai berikut:
a.
Fungsi untuk penyampaian materi pelajaran
Banyak cara yang ditawarkan Facebook untuk menyampaikan materi yang berhubungan dengan suatu pokok bahasan dari sebuah mata pelajaran, beberapa cara tersebut adalah dengan sharelink/photo/video, membuat status yang relevan dengan pokok bahasan materi, dan membuat resume pokok bahasan materi dengan fitur note atau docs pada group.
b.
Fungsi untuk jadwal pelajaran dan ujian
Guru dapat membuat jadwal pelajaran dan jadwal ujian atau evaluasi secara online dengan menggunakan Facebook. Dengan adanya fungsi ini, siswa dapat melihat jadwal kapan saja dan dimana saja. Pembuatan jadwal tersebut dengan cara menggunakan aplikasi acara yang bergambar kalender yang ada pada akun Facebook.
c.
Fungsi untuk melakukan diskusi
Facebook dapat dilakukan sebagai sarana untuk melakukan diskusi baik antara guru dengan siswa, maupun siswa dengan siswa. Dalam diskusi tersebut dapat dibahas berbagai topik yang berhubungan dengan materi mata pelajaran yang dibahas disekolah. Dengan adanya Facebook, diskusi materi pelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.
Menurut Lintang Patria dan Kristianus Yulianto (2010: 10), interaksi (diskusi) pada Facebook dapat dilakukan dengan cara – cara berikut:
a. Asynchronous (pengajar dan pembelajar tidak berada dalam waktu yang bersamaan)
- Melalui fitur message
- Melalui fitur comment
b. Synchronous (pengajar dan pembelajar berada dalam waktu yang bersamaan)
Interaksi ini dilakukan melalui fitur chatting yang ada pada Facebook. Dengan begitu, baik guru maupun siswa dapat dengan mudah berdiskusi maupun bertukar informasi.
C.
Pemanfaatan
Facebook sebagai Media Belajar
1. Cara
Membuat
Cara untuk mempunyai facebook juga tidak susah. hanya saja calon pengguna harus mempunyai e-mail aktif yang nantinya sebagai akun facebook yang akan dibuat. Berikut adalah langkah – langkah membuat facebook :
a. Pastikan sudah mempunyai akun Facebook. Jika belum memiliki akun facebook, mendaftarlah dengan mengisi data di situs www.facebook.com
b. Ikuti semua langkah dalam situs Facebook. Setelah terdaftar, Facebook sudah bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.
2. Cara
Memanfaatkan
Cara memanfaatkan facebook yang positif sangat mudah. Facebook menyediakan spot untuk hal tersebut contohnya adalah grup facebook dan fanspage facebook. Berikut beberapa contoh memanfaatkan facebook sebagai media pembelajaran :
a. Forum Diskusi
Facebook memungkinkan siswa dengan siswa atau siswa dengan guru untuk berdiskusi dengan tidak bertatapan muka. Ini bisa dilakukan di grup facebook atau bagian lain.
b. Memberikan alamat URL/Web
Guru bisa memberikan alamat URL/Web media pembelajaran untuk diakses siswa – siswanya. Hal ini mempermudah guru dalam menyampaikan materi ajar.
c. Memberikan Pekerjaan Rumah
Dalam hal memberikan tugas, facebook juga bisa dimanfaatkan untuk share soal – soal pekerjaan rumah. Bisa dilakukan dengan memakai media chat atau wall.
d. Sebagai Tempat bertukar perdapat
Antara siswa dan siswa bisa melakukan diskusi bersama di media ini kaitannya dengan pemecahan persoalan dengan sangat mudah.
3. Kelebihan
dan Kekurangan
Tidak semua buah itu berasa manis, mungkin peribahasa ini yang cocok untuk menggambarkan facebook secara global. Selain unggul dalam komunikasi massal, justru disisi itu terdapat kekurangannya. Berikut adalah penjabaran tentang kelebihan dan kekurangan facebook
a. Kelebihan
1) Potensial
Facebook merupakan media sosial terbesar kedua setelah google. Oleh sebab itu, kekuatan jejaring sosial ini sudah tidak diragukan lagi. Sejak diluncurkan pengguna facebook sampai saat ini sudah berkisar 150 juta pengguna. Dalam kaitannya memanfaatkan facebook sebagai media belajar, sudah tentu dengan facebook bisa sharing dengan seluruh pengguna yang juga memanfaatkan facebook sebagai alat yang membantunya dalam belajar
2) Ekonomis
Dengan facebook, pengguna bisa menghemat pengeluaran dalam komunikasi. Bila menggunakan media lain seperti telepon yang harus mengisi pulsa dan hanya berbicara via suara saja. Facebook juga mempunyai media komunikasi video call yang bisa berkomunikasi dengan menatap muka lawan bicara tentunya dengan biaya yang hemat. Untuk kalangan pelajar, facebook sangat cocok dalam membantu menyelesaikan pekerjaan sekolah dengan tidak menguras gocek terlalu dalam.
3) Interaktif
Facebook dikatakan interaktif karena dalam hal berkomunikasi dengan menggunakan jejaring sosial ini bisa dilaksanakan dengan beberapa cara yaitu dengan chat atau video call. Selain itu, dengan facebook juga bisa berkomunikasi dengan kelompok/banyak orang. Jika facebook dimanfaatkan untuk media diskusi dengan teman kelompok, maka komunikasi belajar akan terjalin dengan sangat mudah
4) Mengatasi jarak dan waktu
Masalah jarak dan waktu sudah dibabat habis dengan keunggulan facebook. Suatu jejaring sosial yang diakses dengan menggunakan internet sudah tentu bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Belajar pun tidak dengan orang yang ada disekolah, namun bisa bertukar pikiran dengan orang yang berada di Amerika, Eropa, atau Asia.
5) Situs Facebook memungkinkan kita untuk berbagi file, foto dan video
Selain unggul dalam bentuk komunikasi chat dan video call, facebook juga memungkinkan pengguna untuk saling berbagi file berupa Microsoft office atau sejenisnya dengan sangat mudah. Berbagi foto dan video juga sangat mudah dengan facebook dengan memanfaatkan salah satu akun yang tersedia didalamnya. Dengan begitu, facebook membantu pelajar untuk mengeksplorasi segala macam karyanya.
6) Reviewable
Data apapun yang di posting ke facebook bersifat reviewable, bisa dilihat berulang – ulang selama data itu tidak dihapus/diblokir. Hal ini mendukung penyimpanan pengguna facebook untuk file – file yang bersifat secret.
b. Kekurangan
1) Ketersediaan sarana dan prasarana
Tidak semua guru dan siswa mempunyai alat – alat yang mendukung untuk menggunakan facebook dalam belajarnya. Selain keterampilan guru dalam mengolah media juga diperhitungkan, tidak sedikit guru yang masih gaptek dalam mengolah facebook dan sejenisnya. Jika semua unsur sudah mendukung, terkadang siswa tidak fokus dengan apa yang ia pelajari saat itu. Mereka cenderung mencari hal – hal yang lebih menarik ketimbang memperhatikan gurunya.
2) Kadang tugas terbengkalai karena lebih sibuk berselancar dengan teman di facebook.
Tidak sedikit pelajar yang kecanduan dengan jejaring sosial ini. Sehingga dia kurang bisa memanfaatkan waktu dengan efektif dan efisien. Hal itu dilakukan ketika dia menemukan kejenuhan dalam mengerjakan sesuatu dan cenderung untuk mencari kesenangan lain dengan cara berinteraksi dengan sesama pengguna facebook.
D.
Kesimpulan
Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Cara memanfaatkannya sebagai media pembelajaran juga tidak susah. Dari forum diskusi hingga sebagai memberikan pekerjaan rumah siswa. Tentunya pengguna harus memperhatikan kelebihan dan kekurangan facebook agar pemanfaatannya mengarah kepada arah yang lebih positif.
E.
Saran
Untuk pelajar yang pengakses internet, mohon diperhatikan manfaat positif penggunaan jejaring sosial khususnya facebook. Banyak manfaat positif yang didapat jika facebook diperlakukan sebagai mana mestinya. Hal ini berlaku sebaliknya.
Untuk
para pendidik pengguna facebook, lebih kreatif menggunakan media sosial sebagai
penggunaan media pembelajaran. Sehingga proses pembelajaran menjadi
menyenangkan, efektif, dan efisien.
F.
Daftar
Pustaka
Arrazin. Kelebihan dan Kekurangan Facebook. 2010. http://alafif.blogdetik.com/2010/07/27/kelebihan-dan-kekurangan-facebook/, diakses 26 November 2014
Azizah, Rohmatun. Manfaat facebook sebagai media pembelajaran. 2011. http://rohmatun-azizah.blogspot.com/, diakses 26 November 2014
Wikipedia. Facebook. 2011. http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook, diakses 26 November 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar